Minggu, 24 Maret 2013

Pengertian Qana'ah & Tasamuh

QONA’AH & TASAMUH



QANA'AH

a) Pengertian Qana’ah
Qana’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yangdiusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Qana’ahbukan berarti masa bodoh dan bermalas-malasan hidup serta tidak mau berusaha untukmengingatkan kesejahteraan hidup. Orang yang memiliki sifat qana’ah memilikipendirian bahwa apadiperoleh atau yang ada di dirinya adalah merupakan kehendak Allah SWT
b)Fungsi Qana’ah dalam Kehidupan
Qana’ah seharusnya menjadi sifat dasar bagi setiap Muslim karena sifat tersebutmenjadi pengendali agar tidak surut dalam keputusasaan dan tidak selalu maju dalamkeserakahan. Qana’ah berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator hidup seorangMuslim. Disamping sebagai stabilisator, qana’ah juga berfungsi sebagai dinamisator (kekuatan batin yang mendorong seseorang untuk meraih kemenangan hidup berdasarkankemandirian dengan tetap bergantung kepada karunia Allah SWT.)
“Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila kamiberikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata: ‘Sesungguhnya aku diberi nikmat ituhanyalah karena kepintaranku’. Sebenarnya itu adalah ujian, tapi kebanyakan mereka itutidak mengetahui” (QS. Az-Zumar (39):49).
1.Imam ‘Ali a.s. pernah ditanya tentang firman Allah Ta’ala: Maka sesungguhnyaakan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (QS 16:97), Imam `Ali a.s.menjawab, “la adalah qana`ah (kepuasan).”
2.Buah (hasil) dari qana’ah adalah kenyamanan.
3.(Qana’ah adalah) menjaga apa yang ada di tanganmu lebih engkau cintai daripada
meminta apa yang ada di tangan orang lain.
4.Orang merdeka adalah budak selama dia tamak, sedangkan budak adalah orang
yang merdeka selama dia qana’ah.
5.Janganlah engkau malu memberi (bersedekah) walaupun itu sedikit, karena tidak
memberi itu lebih sedikit.
6.Kefakiran dan kekayaan keluar berkeliling, lalu keduanya bertemu dengan
qana’ah, maka keduanya menetap (bersama).
7.Jika kekayaan bertambah, maka berkuranglah selera.
8.Tidak ada perbendaharaan yang lebih berharga daripada qana’ah
9.Kekayaan yang paling besar adalah meninggalkan banyak keinginan.
TASAMUH
Tasamuh atau toleransi adalah sikap menghormati orang lain untuk melaksanakanhak-haknya. Kita wajib menghormati, karena manusia dapat merasakan bahagia apabilaia hidup bersama manusia lainnya. Manusia tidak dapat hidu sendiri di masyarakat tanpabantuan dan kerjasama dengan manusia lain. Kodrat manusia sebagai makhluk AllahSWT memiliki dua dimensi, yaitu sebagai mahkluk individu dan sebagai mahkluk sosial.Tasamuh hanya sebatas hubungan manusia dan tidak boleh melebihi aturan-aturanagama, misalnya memakai jilbab dan baju lengan panjang bagi peserta senam dianggaotidak toleran karena yang lain memakai celana pendek dan kaos oblong mini yangdianggap ngetren tetapi bertentangan dengan aturan agama karena membuka aurat
b) Fungsi Tasamuh
Norma agama mengajarkan kepada manusia untuk berbuat kebajikan kepadasesama karena manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki harkat danmartabat yang sama, serta memiliki akaldan budi mulia. Dengan akal danbudinya,manusia wajib menjalin hubungan yang baikdengan lingkungan sekitarnya danbersikap saling menghorati dan saling mengasihi sesamanya. Setiap manusia dikaruniaihak-hak asasi yang harus dihormati oleh orang lain sehinga toleransi berfungsi sebagaipengikat persatuan dan kerukunan.

sumber : franinadya279bhe.wordpress.com

Semoga artikel Pengertian Qana'ah & Tasamuh bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop