Minggu, 24 Maret 2013

Sifat Takabur dan Cara Mengatasinya

Sifat Takabur

Pengertian Takabur dan Sifat Takabur, sifat takabur sangat di benci disisih Allah ,sifat takabur bisa diartikan menyombongkan diri, sikap berbangga diri dengan beranggapan bahwa hanya dirinyalah yang paling hebat dan benar dibandingkan orang lain,berikut ulasan tentang Pengertian Takabur dan Sifat Takabur
Sifat Takabur juga dikenal dengan sikap sombong, yang juga salah satu sifat tercela dan akan mendapat balasan dari Allah swt. berupa neraka jahanam. Allah swt. berfirman dalam Al Quran Surah An Nahl Ayat 29 yang artinya :
“Maka masukkanlah pintu-pintu neraka jahanam, kamu kekal di dalamnya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri.” Sikap takabur dibedakan menjadi tiga macam yaitu :
Takabur kepada Allah swt. merupakan seseorang yang tidak mengakui dan menerima kebenaran Allah swt.
Takabur kepada Rasulullah saw. merupakan seseorang yang tidak meu mengikuti segala yang disunahkan Rasulullah saw.
Takabur kepada sesama manusia, takabur ini dibedakan menjadi dua yaitu Takabur batini (takabur dalam sikap) dan Takabur zahiri (takabur dalam perbuatan).
Cara menanggulangi/menghindari sifat Takabur
Usaha menjauhi sifat takabur dapat ditempuh dengan cara :
Menyadari hakikat kejadian manusia dan meyakini kebesaran Allah. Dengan cara demikian akan tumbuh sifat rendah hati, tidak takabur atau sombong.
Membentengi diri dari setiap pengaruh yang menyebabkan takabur, seperti :
1) Takabur karena ilmu
2) Takabur karena harta
3) Takabur karena kekuatan fisik
4) Takabur karena ketampanan atau kecantikan

Semoga artikel Sifat Takabur dan Cara Mengatasinya bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop