Dalam melakukan pendataan suatu laporan data, seperti persediaan barang, laporan penjualan, dll., tentunya diperlukan tabel yang memiliki banyak item yang akan ditunangkan kedalam wadah berupa tabel. Tetapi, apabila menyajikan tabel yang terlalu banyak item kita akan memilii kesulitan dalam melakukan analisis terhadap tabel tersebut. Dari situlah peran dari Pivot Tabel muncul untuk meudahkan penggunaan penyajian data berupa tabel. Cara penggunaannya ialah sebagai berikut :
1. Buatlah data yang digunakan untuk menyajikan pivot tabel
2. Lakukan seleksi atau blok tabel tersebut untuk digunakan sebagai Pivot Tabel
3. Menuju Insert > Pivot Tabel
4. Pilih daerah seleksi sumber data yang nantinya disajikan sebagai pivot tabel dan Pilihlah letak Pivot Tabel setelah jadi nantinya
5. Lakukan penyeleksian untuk letak variabel tertentu sesuai dengan kebutuhan
Untuk memudahkan pengerjaan teman-teman akan saya lampirkan contoh analisis dengan Pivot Tabel yaitu Penerimaan Mahasiswa PKN teman-teman dapat mendownload disini.
Semoga artikel Cara Membuat Pivot Table Pada Microsoft Excel bermanfaat bagi Anda.
0 komentar:
Posting Komentar
Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!
Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop