Jumat, 29 Maret 2013

Alasan Mengapa Nokia Akan Segera Mengalahkan Apple, Samsung, Android, dan Blackberry

Kemajuan dalam bidang teknologi terus berkembang pesat. Terlebih hampir setiap produsen ponsel saat ini yang tak pernah berhenti berpikir keras untuk memberikan sebuah inovasi menarik pada ponsel-ponsel masa yang akan datang. Dari perangkat lunak hingga perangkat keras, semua akan terus diperbaharui dan tidak akan pernah ada habisnya. Hal inu juga dilakukan oleh salah satu perusahaan ponsel asal Finlandia yang dahulu pernah terkenal tersebut yaitu Nokia. Kabarnya perusahaan tersebut akan membuat sebuah ponsel yang tak perlu di charge selamanya.

 


Teknologi seperti ini bukan tidak mungkin lagi untuk diterapkan. Banyak sekali peralatan canggih saat ini yang mendukung adanya pembuatan teknologi yang semakin tak dapat dibayangkan. Kabarnya Nokia nanti akan menggunakan sebuah teknologi yang dinamai dengan ultra-wide band yang berguna utnuk menangkap frekuensi dari 500 MHz hingga 10Ghz. Alat ini datang dalam wujud antena yang berguna untuk menangkap berbagai sinyal seperti sinyal radio, tv, dan ponsel itu sendiri. Menariknya, energi yang terdapat di dalam sinyal yang ditangkap ini tidak digunakan untuk mentransmisi data. Teknologi tersebut akan mengubah energi dalam sinyal tersebut menjadi daya listrik untuk mengisi daya ponsel.



Hal ini juga dikatakan oleh para peneliti dari Nokia yang mengatakan kalau mereka telah berhasil merubah sinyal tersebut menjadi daya dengan besar 5 miliwatt, hal ini seperti yang juga diberitakan pada Liputan6. Saat ini mereka sendiri sedang mengembangkan penelitian tersebut agar dapat merubahnya menjadi dayang yang 4 kali lipat lebih besar dari itu, yaitu 20 MW. Daya tersebut diklaim dapat mencukupi pasokan daya untuk ponsel dalam mode standby. Hasilnya, ponsel yang menggunakan teknologi baru ini tidak lagi perlu diisi ulang selamanya, selama sinyal masih hilir mudik di udara.

Memang daya sebesar 20 MW tersebut jika digunakan untuk mengisi daya untuk baterai sebuah smartphone tidak cukup. Karena seperti yang kita ketahui saat ini, ponsel pintar butuh daya yang besar sekali untuk menjalankan ponsel tersebut. Namun para peneliti dari Nokia ini sendiri nanti akan terus mengembangkan penemuan ini agar dapat mengubahnya menjadi 50 MW di masa yang akan datang, karena dari sinilah pengisian tersebut akan dapat dilakukan meski memang masih memakan waktu yang lama sekali. Lima puluh milli watt memang bisa dikatakan sangat kecil untuk kebutuhan ponsel sekarang.



Nokia sendiri belum memberitahukan kapan ponsel dengan kemampuan seperti ini akan beredar di pasaran. Namun mereka sedikit memprediksikan kalau mereka akan mengeluarkannya dalam waktu 4 hingga 5 tahun mendatang. Hal seperti ini tentu akan menarik, karena tidak akan ada lagi powebank atau charger yang selalu dibawa kemana-mana. Tentu hal ini akan menjadi ribet dan tidak praktis.


Semoga artikel Alasan Mengapa Nokia Akan Segera Mengalahkan Apple, Samsung, Android, dan Blackberry bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop