Sabtu, 28 September 2013

Tips Sederhana Untuk Melindungi PC/Laptop dari Ancaman Virus

Selamat malam sobat, kalian pasti terbiasa mendengar kata 'virus' dimana-mana kan? entah itu di kehidupan nyata maupun di dunia cyber. Kedua virus tersebut bersifat perusak, baik virus yang di dunia nyata maupun di kehidupan teknologi, tetapi bedanya hanya inang untuk di infeksikan, jika dalam dunia nyata virus akan menyerang suatu inang sel hidup tetapi jika virus di ilmu teknologi menyerang bagian-bagian PC/Laptop Sobat melalui software. Eh Sepuh jadi bahas virus nih, maklum kalau di sekolah soalnya anak kaya sepuh ini familiar banget dengan namanya virus, tetapi kali ini Sepuh punya tips sederhana loh, untuk menghindari serangannya.


Berikut tips sederhana yang bisa kalian ikuti :

1. Evaluasi sistem keamanan komputer
Seperti yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya virus selalu tumbuh kembang sesuai dengan jamannya. Jika sistem komputer masih lama dan belum update dengan yang terbaru, virus akan semakin mudah menjangkiti sistem komputer anda. Keamanan semakin baik dengan sistem berlapis tentu lebih baik melindungi semua aspek dari sistem komputer. Pilihlah fitur keamanan yang mencakup beberapa fitur antivirus, firewall, filter konter, dan deteksi virus. Pengamanan komputer yang kuat tentu saja akan membuat susah virus menembus proteksi sistem komputer anda.

2. Install Software hanya dari developer terkemuka
Sudah jelas pengembang program yang terkenal tidak mungkin mengeluarkan program yang dibuat dengan tambahan program jahat atau disusupi virus. Hanya dengan memilih program terbaru dari pembuat program terpercaya ini merupakan langkah untuk melindungi sistem anda.

3. Biasakan selalu scanning flasdisk atau memory card
Kebiasaan ini sangat baik untuk mengurangi tingkat penyebearan virus yang sangat cepat. Antivirus yang bagus bisa dengan mudah mendeteksi virus yang mengganggu.

4. Hati- hati ketika membuka dokumen asing, (word, excel, pdf, atau lainnya) terutama jika di terima secara online melalui email. Lakukan proses scanning secara benar menggunakan antivirus.

5. Back up secara teratur file data penting, di komputer menggunakan CD/ DVD jangan simpa di dalam harddisk komputer.

Nah, Sepuh hanya memberikan sedikit tips saja untuk menghindarinya. Tetapi jika kalian ingin lebih memproteksi PC/Laptop lebih oke gunakanlah AntiVirus yang berkualitas baik.
Sekian Tips dari Sepuh dan Semoga Bermanfaat!


Semoga artikel Tips Sederhana Untuk Melindungi PC/Laptop dari Ancaman Virus bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


1 komentar:

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop