Rabu, 29 Maret 2017

Cara Penggunaan Fungsi Countif, Sumif, dan Counta Pada Microsoft Excel

Apabila kita ingin melakukan suatu analisis terhadap data yang didalamnya berisikan angka-angka dalam jumlah yang banyak, tentunya kita membutuhkan suatu fungsi logika yang digunakan sebagai pengefektifan waktu yang kita berikan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Diantaranya beberapa fungsi atau formula dari Microsfot Excel sangat membantu dalam hal ini, berikut ialah penggunaan beberapa fungsi logika dari Excel.

1. Countif
Countif digunakan dalam hal menghitung jumlah sel yang memiliki karakter sesuai keinginan kita, misalnya pada data yang berisikan penjualan barang dagang kita ingin mencari berapakah jumlah barang seharga Rp5,000,000 yang terjual pada saat siklus perusahaan tersebut, caranya tinggal menggunakan fungsi countif ini dengan formulasi =Countif(C1:C990;”5000000”).

Syntax : =COUNTIF(range; criteria)
Range = rentang data yang ingin dicari
Criteria = karakter spesifik berupa angka ataupun huruf
Contoh penggunaan

Dalam data tersebut merupakan data yang digunakan sebagai penunjuk absensi dari seorang pegawai, hadirnya pegawai dalam melakukan pekerjaan ditandai dengan notasi “x” yang nantinya digunakan sebagai criteria dalam mencari jumlahnya. Maka untuk menghitung ada berapa x terdapat dalam suatu sel menggunakan fungsi countif ini yang akan menunjukan kehadiran dari pegawai tersebut.

2. Sumif
Sumif digunakan dalam menjumlahkan nilai dari suatu kriteria yang kita inginkan. Misalnya dalam data penjualan barang dagang, kita dapat menjumlahkan total harga yang dijual untuk barang tertentu, contohnya ialah kita ingin mengetahui berapa total harga untuk penjualan dari sebuah rantang, disini “rantang” berperan sebagai kriteria dengan menggunakan 2 range, yang satu ialah range dari jenis-jenis barang dan yang lainnya ialah range untuk harga barang-barang tersebut.
Syntax : =SUMIF(range;criteria;[sum_range])
Range = merupakan rentang dari jenis-jenis dari kriteria
Criteria = merupakan hal yang kita ingin jumlahkan
Sum_range = merupakan rentang dari yang ingin kita jumlahkan
Contoh penggunaannya ialah seperti data berikut :

3. Counta
Counta ialah fungsi yang digunakan untuk menghitung berapakah jumlah sel yang berisi dengan karakter atau angka. Apa bedanya dengan count?
Count hanya melakukan penjumlahan sel yang berisikan ANGKA,
Sedangkan Counta dapat melakukan penumlahan sel yang berisika ANGKA dan TEXT
Berikut ialah ilustrasinya :


Contoh file yang dapat dibuat dapat kalian lihat dengan mendownload disini.
Semoga artikel Cara Penggunaan Fungsi Countif, Sumif, dan Counta Pada Microsoft Excel bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop