Rabu, 29 Maret 2017

Sel Absolut (absoulte cell) dan Sel relatif (sel berjalan)

Dalam Microsoft Excel tentunya kita mengenal berbagai istilah-istilah yang digunakan sebagai petunjuk penggunaannya. Misalnya ialah istilah-istilah seperti Row, Coloumn, Range, Value, Absolute, dsb., absolute cell merupakan salah satu istilah didalamnya. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Sel absolut dan Sel relatif(berjalan) serta apakah pebedaan antara dua jenis sel tersebut, mari kita simak

Sel Absolute (absolute cell)


Merupakan sel yang menggunakan formulasi berupa baris dan kolom (row and coloumn) yang terkunci atau menjadi mutlak apabila dilakukannya penyalinan(copy) ataupun dilakukannya penerapan hal yang sama sesuai dengan keinginan kita.
Notasi dari absolute cell ialah tanda dollar atau $. Cara cepatnya ialah dengan menekan tombol F4 apabila kita telah menuliskan kode cell tersebut.
Contoh kita melakukan penulisan fungsi absolut terhadap sel H5, maka ketika kita telah menulis H5 selanjutnya langsung menekan tombol F4 di Keyboad yang nantinya akan otomatis menjadi $H$5.

Sel relatif
Sel relatif adalah sel normal yang memiliki ketentuan berjalan apabila dilakukan perintah copy atau pemindahan. Dalam arti apabila kita menyalin sel tersebut ke sel lain dibawah atau disampingnya, maka otomatis posisi sel hasil copy tersebut menjadi berjalan n+1 sesuai dengan posisi dimana penyalinan tersebut ditempel(paste).
Contohnya ialah kita ingin kita ingin melakukan copy kode perintah C6*H12 pada sel H5, ketika kita paste perintah tersebut pada sel I5 (disampingnya) maka kode akan menjadi D6*I12, lain lagi apabila kita lakukan paste ke baris bawahnya atau ke sel H6 maka code tersebut berubah menjadi C7*H13, nah demikianlah yang dinamakan fungsi sel relatif atau berubah sesuai keadaan dimana sel tersebut disalin.
Apa perbedaannya dan penggunaannya?

Perbedaannya ialah absolute cell memiliki posisi yang mutlak dan tidak dapat berubah untuk kode sel nya apabila dilakukannya pemindahan kemanapun, beda halnya dengan sel relatif. Penggunaan dari absolute cell ialah untuk melakukan operasi secara berulang dengan nilai yang tetap sebagai base nya. Contoh pada gambar berikut

Kita ingin mengetahui total nilai rupiah dari suatu hasil penjualan yang semulanya bermata uang dollar, untuk itu kita perlu melakukannya konversi dengan kurs mata unag asing saat itu. Dalam melakukan konversi tentunya hanya ada 1 kurs yang dilakukan yaitu Nilai Tukar Rupiah terhadap dollar, yaitu yang ditunjkkan pada harga Rp8,500 yang nantinya akan dilakukan sebagai sel absolut pada saat pengoprasian, tinggal sel relatifnya berupa bagian nilai dollar yang nantinya akan berjalan sesuai dengan jumlah mata uang tersebut untuk dikonversikan.
Semoga artikel Sel Absolut (absoulte cell) dan Sel relatif (sel berjalan) bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


1 komentar:

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop