Rabu, 29 Maret 2017

Operasi Formula Pada Microsoft Excel

Dalam melakukan pengolahan angka untuk melakukan analisis dari suatu data tentunya kita membutuhkan suatu program pengolahnya, untuk itu peran dari Microsoft Excel dapat diandalkan. Operasi-operasi yang dapat ditunjang antara lain :
- Total
- Rata-rata
- Data terkecil
- Data terbesar
- Jumlah data
- dsb.
Untuk melakukan operasi-operasi tersebut tentunya dibutuhkan suatu formula untuk dapat melakukannya, untuk itu berikut adalah formula yang digunakan dalam operasi tersebut :

1. Penjumlahan seluruh sel (Total)
Kita dapat melakukan penjumlahan dari seluruh atau beberapa sel dengan menggunakan fungsi SUM. Fungsi ini digunakan dalam hal melakukan penjumlahan dalam rentang tertentu.
Misal dalam data berikut :


Apabila kita ingin mencari total dari data pada kolom “Nilai”, maka kita dapat melakukan fungsi SUM dengan operasi dasar atau syntax
=SUM(number1;…;..)
Dalam data tersebut kita menggunakan range berupa cell B4 sampai B12 yang kita konversikan tanda sampaidengan(--) dengan tanda “:”, maka range kita ialah B4:B12 yang dapat mencari total dengan menggunakan
=SUM(B4:B12)
Maka akan menghasilkan : 627

2. Mencari rata-rata
Sama halnya dalam mencari grand total dari data diatas, hanya saja dalam mencari rata-rata kita menggunakan formula yang sedikit berbeda, yaitu menggunakan fungsi AVERAGE dengan penggunaan sebagai berikut :
Syntax :
=AVERAGE(number1;…;..)
Contoh penggunaan :
=AVERAGE(B4:B12)
Maka akan menghasilkan : 69,667

3. Mencari data terbesar
Penggunaan formula ini sangat berdampak penting pada saat kita ingin melakukan analisa terhadap suatu data yang sangat banyak, dikarenakan kita tidak mungkin melakukan pengecekan satu persatu karena tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan terkesan membuang-buang waktu, untuk itu Excel menyediakan fasilitas untuk mempermudah itu. Dengan menggunakan formula MAX, penggunaannya ialah
Syntax :
=MAX(number1;…;..)
Contoh penggunaan :
=MAX(B4:B12)
Maka akan menghasilkan :
90

4. Mencari data terkecil
Sama seperti mencari data terbesar menggunaannya, kita hanya mengubah formula MAX menjadi MIN, dan tentunya penggunaannya seperti apa teman-teman sudah mengerti ya tidak perlu dijabarkan lagi.

5. Mencari jumlah data
Untuk mencari jumlah data, kita dapat menggunakan fungsi Count, penggunaannya ialah sama seperti formula lain kita hanya memasukan range dari data yang ingin kita hitung berapa jumlahnya, dan ini sangat berguna untuk menghitung jumlah data yang banyak.
Syntax :
=COUNT(number1;…;..)
Contoh penggunaan :
=COUNT(B4:B12)
Maka akan menghasilkan :
9

Itulah sebagian operasi-operasi dasar yang dapat dilakukan dalam Microsoft Excel, masih banyak lagi formula yang dapat dibuat dan dapat dikombinasikan sesuai dengan perintah apa yang ingin dikerjakan, agar teman-teman mudah untuk memahami berikut saya lampirkan contoh file untuk operasi dasar ini.
Silahkan download disini.


Semoga artikel Operasi Formula Pada Microsoft Excel bermanfaat bagi Anda.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Sesepuh ilmu - Pojok Ruang Tutorial dan Informasi.blogspot.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Apabila anda punya pertanyaan, pendapat atau saran, silahkan di post di kolom komentar dibawah ini,
mohon Komentarnya tidak mengandung SARA, Spam, atau kata-kata kasar lainnya.
jika komentar anda termasuk kategori diatas dengan segala hormat saya akan menghapus komentarnya, jadi komentarlah Pesan yang Bermutu ya sobat!

Jika anda semua bingung dan ingin menanyakan sesuatu, dan butuh bantuan saya. anda tinggal menuliskan komentar disetiap kolom komentar, InsyaAllah dengan cepat saya akan membalas komentar sobat semua,
admin online blogging setiap jam:
Senin-Kamis & Minggu : 12.00 - 21.00 WIB
Jum'at & Sabtu : 24 Jam non-stop